A. Kemuliaan Bulan Sya’ban

Bulan Sya’ban termasuk bulan yang mulia bagi umat Islam karena di bulan Sya’ban Allah memberikan keutamaan-keutamaan untuk beribadah dan beramal shalih serta banyak peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di bulan tersebut.

Firman Allah  dalam QS. Ad Dukhan : 3 :

إِنَّآ أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنذِرِينَ. (الدخان : 3)

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan”.( Ad Dukhan : 3)

Menafsiri لَيْلَةٍ مُّبَارَكَةٍ (malam yang diberkahi) pada ayat tersebut, pengarang Tafsir Al Jalalain mengatakan :

“إنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَة مُبَارَكَة” هِيَ لَيْلَةُ الْقَدْرِ أَوْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ نُزِلَ فِيهَا مِنْ أُمّ الْكِتَاب مِنْ السَّمَاء السَّابِعَةِ إلَى سَمَاء الدُّنْيَا. (تفسير الجلالين :428)

“Yang dimaksud dengan إنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَة مُبَارَكَة (pada suatu malam yang diberkahi) adalah Lailatul Qadar atau malam Nishfu Sya’ban, pada malam itu Al Qur’an diturunkan dari Ummul Kitab di langit ke tujuh ke langit dunia”. (Tafsir Al Jalalain : 428)

Sementara Al Alusi dalam Tafsir Al Alusi (Ruhul Ma’ani) mengatakan :

{فِى لَيْلَةٍ مُّبَـٰرَكَةٍ} هِيَ لَيْلَةُ اْلقَدَرِ عَلَى مَا رُوِيَ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، وَقَتَادَةَ، وَابْنِ جُبَيْرٍ، وَمُجَاهِدٍ، وَابْنِ زَيْدٍ، وَالْحَسَنِ. وَعَلَيْهِ أَكْثَرُ الْمُفَسِّرِيْنَ وَالظَّوَاهِرِ مَعَهُمْ، وَقَالَ عِكْرِمَةُ وَجَمَاعَةٌ: هِيَ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ. وَتُسَمَّى لَيْلَةَ الرَّحْمَةِ وَاللَّيْلَةَ الْمُبَارَكَةَ وَلَيْلَةَ الصَّكِّ وَلَيْلَةَ الْبَرَاءَةِ. (روح المعاني للإمام شهاب الدين محمود ابن عبد الله الحسيني الآلوسي، ج 13 ، ص : 110)

“ … Yaitu Lailatul Qadar sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Qatadah, Ibnu Jubair, Mujahid, Ibnu Zaid, dan Al Hasan. Ini adalah pendapat yang diikuti oleh kebanyakan mufassir dan para dhawahir (tekstualis). Sedangkan Ikrimah dan sejumlah Ulama mengatakan : “Itu adalah malam Nishfusy Sya’ban dan dinamakan juga Lailatur Rahmah, Al Lailah Al Mubarakah, Lailatush Shakki, dan Lailatul Bara’ah”. (Ruhul Ma’ani  Lil Imam Syhihabuddin Mahmud bin ‘Abdullah Al Husaini Al Alusi juz 13 hal. 110)

B. Sebagian Peristiwa Penting Di Bulan Sya’ban

            1). Pelaporan amal manusia dalam setahun kepada Allah   (Laporan Amal Tahunan)

Dalam hadits disebutkan bahwa ketika sahabat Usamah bin Zaid t bertanya tentang puasa di bulan Sya’ban, maka Nabi  bersabda :

حَدَّثَنِيْ أُسَامَةُ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قُلْتُ : يَا رَسُوْلَ اللهِ لَمْ أَرَكَ تَصُوْمُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُوْرِ مَا تَصُوْمُ مِنْ شَعْبَانَ. قَالَ :” ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيْهِ اْلأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ اْلعَالَمِيْنَ، فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِيْ وَأَنَا صَائِمٌ”.(رَوَاهُ النَّسَائِيُّ, حَدِيْثٌ حَسَنٌ, وَمَالِكٌ وَأَحْمَدُ وَابْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ وَاْلبَيْهَقِيُّ)

Usamah bin Zaid telah menceritakan kepadaku, ia berkata : Saya bertanya : Ya Rasulullah saya tidak pernah melihat anda berpuasa pada suatu bulan dari bulan-bulan yang ada sebagaimana mana anda berpuasa pada bulan Sya’ban ?, maka beliau bersabda : “Bulan Sya’ban adalah bulan yang dilupakan kebanyakan manusia karena bulan yang terletak diantara bulan Rajab dan bulan Ramadhan. Padahal di bulan Sya’ban amal semua umat manusia (dalam setahun) dilaporkan kepada Allah Rabbul ’Alamin, maka Aku senang (berharap) ketika amalku itu dilaporkan di waktu aku sedang berpuasa”. [Hadits Hasan, diriwayatkan oleh An Nasa’i (2357) dalam Sunan An Nasa’i, Malik dalam Al Muwaththa‘ riwayat Muhammad bin Al Hasan (372), Ahmad (21801), Ibnu Abi Syaibah (9765), Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman (3820), An Nasa’i dalam Sunan An Nasa’i Al Kubra (2666)]

Diriwayatkan pula dalam hadits yang lain Aisyah رَضِيَ اللهُ عَنْهَا mengatakan :

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ : ” كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُوْمُ حَتَّى نَقُوْلَ لاَ يُفْطِرُ وَ يُفْطِرُ حَتَّى نَقُوْلَ لاَ يَصُوْمُ. فَمَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلاَّ رَمَضَانَ وَ مَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِيْ شَعْبَانَ”.(رَوَاهُ اْلبُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ وَأَبُوْ دَاوُدَ وَأَحْمَدُ وَابْنُ حِبَّانَ وَاْلبَيْهَقِيُّ وَالنَّسَائِيُّ)

Dari ‘Aisyah رَضِيَ اللهُ عَنْهَا ia telah berkata : Adalah Rasulullah r jika berpuasa sampai kami mengatakan tidak pernah berbuka, dan jika sedang tidak berpuasa sampai kami mengatakan tidak pernah berpuasa. Aku tidak melihat Rasulullah r, menyempurnakan puasanya satu bulan penuh kecuali puasa di bulan Ramadhan dan aku tidak melihat di suatu bulan yang paling banyak digunakan oleh Rasulullah r untuk berpuasa kecuali di bulan Sya’ban”. [HR. Al Bukhari (1868), Muslim (1156), Abu Dawud (2434), Ahmad (24801), Ibnu Hibban (3648), Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubra (8245), An Nasa’i dalam Sunan An Nasa’i Al Kubra(2660)]

            2). Bulan Sya’ban adalah Bulan Perpindahan Qiblat

Perpindahan qiblat shalat dari menghadap Baitul Maqdis ke Masjidul Haram (Ka’bah) adalah hal yang sangat dinanti-nanti oleh Rasulullah r agar segera turun ayat tentang perpindahan qiblat tersebut, maka setelah 6 bulan Nabi r berada di Madinah yakni hari Selasa Nifshu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban) turunlah Surat Al-Baqarah : 144 :

قَدْ نَرَى تَقَلُّبَ وَجْهِكَ فِي السَّمَاءِ فَلَنُوَلِّيَنَّكَ قِبْلَةً تَرْضَاهَا فَوَلِّ وَجْهَكَ شَطْرَ الْمَسْجِدِ اْلحَرَامِ، وَحَيْثُمَا كُنْتُمْ فَوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ شَطْرَهُ (سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ : ١٤٤(

“Sungguh Kami (Allah) sering melihat wajahmu menengadah ke langit maka sungguh Kami akan memalingkan kamu ke qiblat yang kamu sukai. Palingkanlah wajahmu ke Masjidul Haram, di mana saja kamu berada palingkanlah wajahmu ke arahnya.” (QS. Al Baqarah : 144)(Al Jami’ Li Ahkam Al Qur’an Lil Qurthubi, juz 2 hal.150)

            3). Bulan Sya’ban adalah Bulan Shalawat Nabi

Di antara keistimewaan bulan Sya’ban adalah bulan diturunkannya ayat Shalawat Nabi yaitu firman Allah :

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا (سُوْرَةُ اْلأَحْزَابِ: ٥٦(

“Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi (Muhammad). Hai orang-orang yang beriman bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam peng hormatan untuk dia.” (QS. Al Ahzab : 56) (Tukhfatul Ikhwan Lil Imam Ahmad bin Hijazi Al Fisyni, hal.74)

C. Keutamaan Malam Nishfu Sya’ban

Di bulan Sya’ban terdapat suatu malam yang agung yang berkah dan mulia yakni malam Nishfu Sya’ban (malam separo bulan Sya’ban). Di malam itu Allah membuka pintu rahmat dan maghfirah untuk semua mahkluk serta mengabulkan untuk orang-orang yang berdoa.

Banyak hadist-hadist Nabi r yang menerangkan tentang kemuliaan malam Nishfu Sya’ban antara lain :

Hadits Aisyah ra, yang diriwayatkan oleh Al Baihaqi :

قَالَتْ عَائِشَةُ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا : “دَخَلَ عَلَيَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَضَعَ عَنْهُ ثَوْبَيْهِ ثُمَّ لَمْ يَسْتَتِمَّ أَنْ قَامَ فَلَبِسَهُمَا، فَأَخَذَتْنِيْ غِيْرَةٌ شَدِيْدَةٌ فَظَنَنْتُ أَنَّهُ يَأْتِيْ بَعْضَ صُوَيْحِبَاتِيْ. فَخَرَجْتُ اَتَّبِعُهُ فَأَدْرَكْتُهُ بِاْلبَقِيْعِ بَقِيْعِ اْلغَرْقَدِ يَسْتَغْفِرُ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالشُّهَدَاءِ. فَقُلْتُ :”بِأَبِيْ وَأُمِّيْ, أَنْتَ فِيْ حَاجَةِ رَبِّكَ وَ أَنَا فِيْ حَاجَةِ الدُّنْيَا”.   فَانْصَرَفْتُ فَدَخَلْتُ حُجْرَتِيْ وَ لِيْ نَفَسٌ عَالٍ وَلَحِقَنِيْ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ :”مَا هَذَا النَّفَسُ يَا عَائِشَةُ ؟”. فَقَالَتْ :”بِأَبِيْ وَأُمِّيْ, أَتَيْتَنِيْ فَوَضَعْتَ عَنْكَ ثَوْبَيْكَ ثُمَّ لَمْ تَسْتَتِمَّ أَنْ قُمْتَ فَلَبِسْتَهُمَا. فَأَخَذَتْنِيْ غِيْرَةٌ شَدِيْدَةٌ ظَنَنْتُ أَنَّكَ تَأْتِيْ بَعْضَ صُوَيْحِبَاتِيْ حَتَّى رَأَيْتُكَ بِاْلبَقِيْعِ تَصْنَعُ مَا تَصْنَعُ”. قَالَ : “يَا عَائِشَةُ، أَكُنْتِ تَخَافِيْنَ أَنْ يَحِيْفَ اللهُ عَلَيْكِ وَرَسُوْلُهُ، بَلْ أَتَانِيْ جِبْرِيْلُ عَلَيْهِ السَّلاَمُ فَقَالَ :”هَذِهِ اللَّيْلَةُ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ وَ ِللهِ فِيْهَا عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ بِعَدَدِ شُعُوْرِ غَنَمِ كَلْبٍ، لاَ يَنْظُرُ اللهُ فِيْهَا إِلَى مُشْرِكٍ وَ لاَ إِلَى مُشَاحِنٍ وَ لاَ إِلَى قَاطِعِ رَحِمٍ وَ لاَ إِلَى مُسْبِلٍ وَ لاَ إِلَى عَاقٍّ لِوَالِدَيْهِ وَ لاَ إِلَى مُدْمِنِ خَمْرٍ”. قَالَ : ثُمَّ وَضَعَ عَنْهُ ثَوْبَيْهِ, فَقَالَ لِيْ :”يَا عَائِشَةُ تُأَذِّنِيْنَ لِيْ فِيْ قِيَامِ هَذِهِ اللَّيْلَةِ ؟”.  فَقُلْتُ :”نَعَمْ بِأَبِيْ وَأُمِّيْ”. فَقَامَ فَسَجَدَ لَيْلاً طَوِيْلاً حَتَّى ظَنَنْتُ أَنَّهُ قُبِضَ، فَقُمْتُ اِلْتَمَسْتُهُ وَ وَضَعْتُ يَدِيْ عَلَى بَاطِنِ قَدَمَيْهِ فَتَحَرَّكَ، فَفَرِحْتُ وَ سَمِعْتُهُ يَقُوْلُ فِيْ سُجُوْدِهِ :“أَعُوْذُ بِعَفْوِكَ مِنْ عِقَابِكَ وَأَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ جَلَّ وَجْهُكَ لاَ أُحْصِيْ ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ“. فَلَمَّا أَصْبَحَ ذَكَرْتُهُنَّ لَهُ فَقَالَ :”يَا عَائِشَةُ تَعَلَّمْتِهِنَّ ؟”. فَقُلْتُ : “نَعَمْ”، فَقَالَ : “تَعَلَّمِيْهِنَّ وَ عَلِّمِيْهِنَّ فَإِنَّ جِبْرِيْلَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ عَلَّمَنِيْهِنَّ وَأَمَرَنِيْ أَنْ أُرَدِّدَهُنَّ فِي السُّجُوْدِ”. (رَوَاهُ وَاْلبَيْهَقِيُّ : وَ رُوِيَ مِنْ وَجْهٍ آخَرَ, كَذَا فِيْ شُعَبِ اْلإِيْمَانِ)

Aisyah رَضِيَ اللهُ عَنْهَا berkata :”Rasulullah r masuk mendatangiku lalu beliau meletakkan kedua pakaiannya, tidak lama kemudian beliau berdiri dan memakainya kembali. (Melihat hal itu) perasaanku terbakar oleh rasa cemburu yang sangat, aku menyangka bahwa beliau mendatangi salah satu dari sahabat-sahabatku (istri-istri beliau) yang lain. Lalu akupun keluar menguntit beliau dari belakang. Ternyata aku menjumpai beliau berada di pekuburan Baqi’ (Baqi’ al Gharqad) sedang memohonkan ampunan bagi kaum mukminin mukminat dan para syuhada’. Aku berkata :”Demi Ayah dan Ibuku, engkau memenuhi hajat kepada Tuhanmu, sedangkan aku mengikuti hajat duniawi”. Akupun kemudian pulang dan masuk ke kamarku dengan nafas terengah-engah. Lalu Rasulullah r menyusulku, dan beliau berkata : “Wahai Aisyah, ada apa dengan nafasmu ?”. Aisyah berkata : “Demi Ayah dan Ibuku, engkau mendatangiku lalu engkau letakkan kedua pakaianmu, lalu tidak lama kemudian engkau berdiri dan memakainya kembali. (Melihat hal itu) perasaanku terbakar oleh rasa cemburu yang sangat, aku menyangka bahwa engkau mendatangi salah satu dari sahabat-sahabatku (istri-istrimu) yang lain, sampai aku melihatmu sedang berada di Baqi’ sedang melakukan apa yang engkau lakukan. Beliau bersabda :” Wahai Aisyah, apakah engkau takut jika Allah dan Rasulnya berbuat zhalim kepadamu ?”. Telah datang kepadaku Jibril as dan berkata :” Malam ini adalah malam Nishfu Sya’ban, di mana Allah memerdekakan banyak orang dari siksa neraka, sebanyak bulu-bulu kambing milik Bani Kalb. Di malam ini Allah tidak memandang kepada orang musyrik, orang yang bermusuhan, orang yang memutus tali persaudaraan, orang yang suka mencaci maki, orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya, dan orang yang biasa minum khamer”. Kemudian beliau meletakkan kedua pakaiannya dan berkata kepadaku :” Wahai Aisyah, apakah engkau mengizinkanku untuk qiyamullail pada malam ini ?”. Aku menjawab ;Ya, demi Ayah dan Ibuku”. Kemudian beliau shalat dan bersujud melewati malam yang panjang, sampai aku menyangka bahwa beliau telah wafat. Lalu aku bangun mencari beliau dan aku letakkan tanganku di perut telapak kakinya, ternyata bergerak-gerak. Akupun senang. Aku mendengar dalam sujudnya beliau berkata : “(Ya Allah) aku berlindung dengan maaf-Mu dari siksa-Mu dan aku berlindung dengan ridha-Mu dari murka-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari-Mu, maha Agung Wajah-Mu, aku tidak membatasi pujian kepada-Mu, sebagaimana Engkau memuji kepada-Mu sendiri “. Ketika pagi tiba aku menyebut-nyebut doa itu di hadapan beliau. Lalu beliau bersabda:”Wahai Aisyah, engkau telah mempelajarinya?”. Aku menjawab :”Ya”. Beliau bersabda : ” Pelajarilah dan ajarkanlah kepada orang lain. Karena Jibril telah mengajarkan kepadaku dan memerintahkanku untuk mengulang-ulangnya dalam sujud”. [HR. Al Baihaqi dan hadits ini juga diriwayatkan dari jalur periwayatan yang lain, demikian keterangan dalam kitab Syu’abul Iman karya Al Baihaqi (3837)]

Juga hadits yang diriwayatkan Sayyiduna Ali , menceritakan bahwa Rasulullah  bersabda:

عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِيْ طَالِبٍ  tقَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” إِذَا كَانَتْ لَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَقُوْمُوْا لَيْلَهَا وَصُوْمُوْا نَهَارَهَا . فَإِنَّ اللهَ يَنْزِلُ فِيْهَا لِغُرُوْبِ الشَّمْسِ إِلَى سَمَاءِ الدُّنْيَا . فَيَقُوْلُ: أَلاَ مِنْ مُسْتَغْفِرٍ لِيْ فَأَغْفِرُ لَهُ أَلاَ مِنْ مُسْتَرْزِقٍ فَأَرْزُقُهُ أَلاَ مُبْتَلًى فَأُعَافِيْهِ أَلاَ كَذَا أَلاَ كَذَا حَتَّى يَطْلُعَ الْفَجْرُ”.(رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهَ (

Dari Ali bin Abi Thalib t telah berkata : Rasulullah r  telah bersabda : “Ketika datang malam Nishfu Sya’ban maka shalatlah pada malamnya dan puasalah pada siang harinya, sesungguhnya Allah Ta’ala pada malam itu turun (maksudnya Allah menurunkan rahmat-Nya) ke langit dunia pada saat terbenam matahari sampai fajar, dan berfirman : “Barang siapa yang meminta kepada-Ku, akan Aku kabulkan permohonannya, dan barang siapa minta ampun maka akan Aku ampuni dosanya, dan barang siapa yang meminta rezeki maka akan Aku berikan rizki kepadanya”. [H.R. Ibnu Majah (1388)]

Hadist Mu’adz bin Jabbal , Nabi bersabda :

عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ  tعَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : “يَطَّلِعُ اللهُ إِلَى خَلْقِهِ فِيْ لَيْلَةِ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ فَيَغْفِرُ لِجَمِيْعِ خَلْقِهِ إِلاَّ لِمُشْرِكٍ أَوْ مُشَاحِنٍ”.(رَوَاهُ ابْنُ حِبَّانَ:حَدِيْثٌ صَحِيْحٌ بِشَوَاهِدِهِ, وَالطَّبْرَانِيُّ وَاْلبَيْهَقِيُّ)

Dari Mu’adz bin Jabal t, dari Nabi r telah bersabda : “Allah melihat (maksudnya memberi rahmat) kepada semua mahkluknya di malam Nishfu Sya’ban untuk memberi ampunan kepada semua mahkluknya, kecuali bagi orang yang musyrik dan orang yang bermusuhan”. [Hadits Shahih diriwayatkan oleh Ibnu Hibban (5665), Ath Thabrani dalam Al Mu’jam Al Kabir (215), Al Baihaqi dalam Syu’abul Iman (3833 & 6628)]

D. Menghidupkan Malam Nishfu Sya’ban dan Tradisi Bulan Sya’ban

Dari hadits-hadits tersebut di atas dan banyak hadits-hadits lainnya menunjukkan bahwa malam Nishfu Sya’ban adalah malam yang mulia. Penting sekali bagi umat Islam untuk menghidupkan malam Nishfu Sya’ban tersebut dengan memperbanyak beramal shalih seperti : shalat sunat, membaca Al Qur’an, bersedekah, bertaubat dan berdo’a,

Dalam sebuah atsar yang bersumber dari Abdullah bin Umar, ia berkata :

عَنِ ابْنِ عُمَرَ t قَالَ: “خَمْسُ لَيَالٍ لاَ يُرَدُّ فِيْهِنَّ الدُّعَاءُ : لَيْلَةُ الْجُمْعَةِ، وَأَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَجَبَ، وَلَيْلَةُ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ، وَلَيْلَتَا اْلعِيْدَيْنِ”. (رَوَاهُ عَبْدُ الرَّزَّاقِ فِيْ مُصَنَّفِهِ, الجزء : 4, ص. ٣١٧)

Dari Ibn Umar ia berkata : “Ada lima malam yang do’a tidak ditolak di dalamnya yaitu : (1) malam Jum’at, (2) malam pertama di bulan Rajab, (3) malam Nishfu Sya’ban (malam pertengahan bulan Sya’ban), (4 dan 5) malam dua hari Raya (malam Idul Fitri dan malam Idul Adlha)”. [Mushannaf Abdir Razzaq (7927), juz  4, hal. 317]

Berkaitan dengan keutamaan bulan Sya’ban ini, al-Imam Ibn Rajab al-Hanbali, murid terkemuka Syaikh Ibn Qayyim al-Jauziyah, berkata dalam kitab Lathaif al-Ma’arif sebagai berikut:

خَرَّجَ اْلإِمَامُ أَحْمَدُ وَ النَّسَائِيُّ (مِنْ حَدِيْثِ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ : كَانَ رَسُوْلُ اللهِ  يَصُوْمُ اْلأَيَّامَ يَسْرُدُ حَتَّى نَقُوْلَ لاَ يُفْطِرُ وَ يُفْطِرُ اْلأَيَّامَ حَتَّى لاَ يَكَادُ يَصُوْمُ إِلاَّ يَوْمَيْنِ مِنَ الْجُمْعَةِ إِنْ كَانَا فِيْ صِيَامِهِ وَ إِلاَّ صَامَهُمَا وَ لَمْ يَكُنْ يَصُوْمُ مِنَ الشُّهُوْرِ مَا يَصُوْمُ مِنْ شَعْبَانَ فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ لَمْ أَرَكَ تَصُوْمُ مِنَ الشُّهُوْرِ مَا تَصُوْمُ مِنْ شَعْبَانَ ؟ قَالَ : ذَاكَ شَهْرٌ يَغْفلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَب وَ رَمَضَان وَ هُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ اْلأَعْمَالُ فِيْهِ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِيْنَ عَزَّ وَ جَلَّ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِيْ وَ أَنَا صَائِمٌ). (الإمام الحافظ ابن رجب الحنبلي، لطائف المعارف ، ص/٢٣٦).

“Al-Imam Ahmad dan al-Nasa’i meriwayatkan dari hadits Usamah bin Zaid, yang berkata: “Rasulullah r terkadang berpuasa selama beberapa hari berturut-turut sehingga kami berkata, beliau tidak sarapan pagi. Beliau juga sarapan pagi selama beberapa hari sehingga hampir saja beliau tidak berpuasa kecuali dua hari dari Jum’at, apabila dua hari itu menjadi bagian puasanya. Kalau tidak, beliau berpuasa pada dua hari itu. Nabi r tidak berpuasa pada bulan-bulan yang ada seperti puasa beliau pada bulan Sya’ban. Aku berkata kepada Nabi r, “Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa pada bulan-bulan sebelumnya seperti puasa Anda pada bulan Sya’ban?” Nabi  menjawab, “Bulan Sya’ban itu, bulan yang dilupakan manusia antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan Sya’ban itu, bulan di mana amal manusia diangkat kepada Allah Tuhan semesta alam. Aku ingin, amalku diangkat ketika aku sedang berpuasa.” (Al-Hafizh Ibn Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif, hal. 236). 

Dalam menghadapi bulan istimewa, di mana amal manusia dilaporkan kepada Allah, umat Islam di tanah air melakukan tradisi ruwahan (bhs. Jawa artinya memperbanyak sedekah, tapi menurut satu pendapat berasal dari kata arwah dari bhs. Arab yang artinya roh-roh, karena pada bulan Sya’ban biasanya dilakukan ziarah kubur untuk mendoakan para arwah orang-orang yang telah wafat), sehingga bulan ini disebut dengan bulan Ruwah. Para ulama juga menganjurkan agar kita memperbanyak sedekah pada momen-momen yang dianggap penting yang sedang dihadapi. Dalam hal ini al-Imam al-Hafizh al-Nawawi berkata:

وَقَالَ أَصْحَابُنَا: يُسْتَحَبُّ اْلإِكْثَارُ مِنَ الصَّدَقَةِ عِنْدَ اْلأُمُوْرِ الْمُهِمَّةِ. (الإمام النووي، المجموع شرح المهذب ٦/٢٣٣).

“Para ulama kami berkata, “Disunnahkan memperbanyak sedekah ketika menghadapi urusan-urusan yang penting.” (al-Imam al-Nawawi, al-Majmu’ Syarh al-Muhadzdzab, juz 6, hal. 233).

Bahkan, berkaitan dengan anjuran peningkatan amal kebaikan pada bulan Sya’ban, al-Imam al-Hafizh Ibn Rajab al-Hanbali berkata:

وَلَمَّا كَانَ شَعْبَانُ كَالْمُقَدِّمَةِ لِرَمَضَانَ شُرِعَ فِيْهِ مَا يُشْرَعُ فِيْ رَمَضَانَ مِنَ الصِّيَامِ وَ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ لِيَحْصُلَ التَّأَهُّبُ لِتَلَقِّيْ رَمَضَانَ وَ تَرْتَاضَ النُّفُوْسُ بِذَلِكَ عَلىَ طَاعَةِ الرَّحْمنِ، رَوَيْنَا بِإِسْنَادٍ ضَعِيْفٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ : كَانَ الْمُسْلِمُوْنَ إِذَا دَخَلَ شَعْبَانُ اِنْكَبُّوْا عَلىَ الْمَصَاحِفِ فَقَرَؤُوْهَا وَأَخْرَجُوْا زَكَاةَ أَمْوَالِهِمْ تَقْوِيَةً لِلضَّعِيْفِ وَالْمِسْكِيْنِ عَلىَ صِيَامِ رَمَضَانَ. (الإمام الحافظ ابن رجب الحنبلي، لطائف المعارف، ص/٢٥٨).

“Oleh karena Sya’ban itu merupakan pengantar bagi bulan Ramadhan, maka pada bulan Sya’ban disyari’atkan melaksanakan hal-hal yang disyari’atkan pada bulan Ramadhan seperti berpuasa dan membaca al-Qur’an, sebagai persiapan menghadapi Ramadhan dan agar jiwa menjadi terlatih untuk taat kepada Allah. Kami telah meriwayatkan dengan sanad yang lemah dari Anas, yang berkata, “Ketika bulan Sya’ban tiba, kaum Muslimin biasanya menekuni mushhaf dengan membaca al-Qur’an. Mereka juga mengeluarkan zakat harta benda mereka agar membantu orang yang lemah dan miskin dalam menjalani puasa Ramadhan.” (Ibn Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif, hal. 258). 

Pada bulan Sya’ban, di kalangan masyarakat kita ada pula tradisi ziarah kubur, yang di sebagian daerah dikenal dengan tradisi nyekar (bhs. Jawa artinya ziarah kubur). Rasulullah r juga berziarah ke makam para sahabat di Baqi’ pada malam Nishfu Sya’ban. Al-Hafizh Ibn Rajab al-Hanbali, murid terbaik Syaikh Ibn Qayyim al-Jauziyah, berkata dalam kitab Lathaif al-Ma’arif, berikut ini:

وَفِيْ فَضْلِ لَيْلَةِ نِصْفِ شَعْبَانَ أَحَادِيْثُ أُخَرُ مُتَعَدِّدَةٌ وَقَدِ اخْتُلِفَ فِيْهَا فَضَعَّفَهَا اْلأَكْثَرُوْنَ وَصَحَّحَ ابْنُ حِبَّانَ بَعْضَهَا وَخَرَّجَهُ فِيْ صَحِيْحِهِ وَمِنْ أَمْثَلِهَا (حَدِيْثُ عَائِشَةَ قَالَتْ : فَقَدْتُ النَّبِيَّ r فَخَرَجْتُ فَإِذًا هُوَ بِالْبَقِيْعِ رَافِعًا رَأْسَهُ إِلَى السَّمَاءِ فَقَالَ : أَكُنْتِ تَخَافِيْنَ أَنْ يَحِيْفَ اللهُ عَلَيْكِ وَرَسُوْلُهُ فَقُلْتُ يَا رَسُوْلَ اللهِ ظَنَنْتُ أَنَّكَ أَتَيْتَ بَعْضَ نِسَائِكَ فَقَالَ : إِنَّ اللهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى يَنْزِلُ لَيْلَةَ النِّصْفِ مِنْ شَعْبَانَ إِلىَ السَّمَاءِ الدُّنْيَا فَيَغْفِرُ لأَكْثَرَ مِنْ عَدَدِ شَعْرِ غَنَمِ كَلْبٍ) خَرَّجَهُ اْلإِمَامُ أَحْمَدُ وَالتِّرْمِذِيُّ وَابْنُ مَاجَهْ. (ابن رجب الحنبلي، لطائف المعارف، ص/٢٦١).

“Mengenai keutamaan malam Nishfu Sya’ban, ada sejumlah hadits-hadits lain yang diperselisihkan oleh para ulama. Mayoritas ulama menilainya dha’if. Sebagian hadits-hadits itu dishahihkan oleh Ibn Hibban dan diriwayatkan dalam Shahih-nya. Hadits terbaik di antara hadits-hadits tersebut adalah, hadits ‘Aisyah yang berkata, “Aku kehilangan Nabi r, lalu aku keluar mencarinya, ternyata beliau ada di makam Baqi’, sedang mengangkat kepalanya ke langit. Beliau berkata, “Apakah kamu khawatir Allah dan Rasul-Nya berbuat sewenang-wenang kepadamu?” Aku menjawab, “Wahai Rasulullah, aku mengira engkau mendatangi sebagian isteri-isterimu.” Lalu Nabi  bersabda, “Sesungguhnya Allah I turun pada malam nishfu Sya’ban ke langit dunia, lalu mengampuni orang-orang yang jumlahnya melebihi jumlah bulu-bulu kambing suku Kalb.” Hadits ini diriwayatkan oleh al-Imam Ahmad, al-Tirmidzi dan Ibn Majah.” (Al-Hafizh Ibn Rajab al-Hanbali, Lathaif al-Ma’arif, hal. 261).

Tradisi lain yang juga berlangsung di tengah-tengah masyarakat pada malam nishfu Sya’ban adalah shalat sunnat secara berjamaah dan dilanjutkan dengan doa bersama. Tradisi ini berkembang sejak generasi salaf, kalangan tabi’in. Dalam hal ini, al-Hafizh Ibn Rajab al-Hanbali berkata:

وَقَالَ الشَّافِعِيُّ  : بَلَغَنَا أَنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِيْ خَمْسِ لَيَالٍ: لَيْلَةِ الْجُمْعَةِ وَالْعِيْدَيْنِ وَأَوَّلِ رَجَبٍ وَنِصْفِ شَعْبَانَ قَالَ: وَأَسْتَحِبُّ كُلَّ مَا حُكِيَتْ فِيْ هَذِهِ اللَّيَالِيْ، وَلاَ يُعْرَفُ لِلإِمَامِ أَحْمَدَ كَلاَمٌ فِيْ لَيْلَةِ نِصْفِ شَعْبَانَ وَيُتَخَرَّجُ فِي اسْتِحْبَابِ قِيَامِهَا عَنْهُ رِوَايَتَانِ مِنَ الرِّوَايَتَيْنِ عَنْهُ فِيْ قِيَامِ لَيْلَتَيِ الْعِيْدِ فَإِنَّهُ فِيْ رِوَايَةٍ لَمْ يَسْتَحِبَّ قِيَامَهَا جَمَاعَةً لأَنَّهُ لَمْ يُنْقَلْ عَنِ النَّبِيِّ   وَأَصْحَابِهِ وَاسْتَحَبَّهَا فِيْ رِوَايَةٍ لِفِعْلِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيْدِ بْنِ اْلأَسْوَدِ وَهُوَ مِنَ التَّابِعِيْنَ فَكَذَلكَ قِيَامُ لَيْلَةِ النِّصْفِ لَمْ يَثْبُتْ فِيْهَا شَيْءٌ عَنِ النَّبِيِّ وَلاَ عَنْ أَصْحَابِهِ وَثَبَتَ فِيْهَا عَنْ طَائِفَةٍ مِنَ التَّابِعِيْنَ مِنْ أَعْيَانِ فُقَهَاءِ أَهْلِ الشَّامِ. (الإمام الحافظ الحجة زين الدين ابن رجب الحنبلي، لطائف المعارف، ص/٢٦٤).

“Al-Syafi’i  berkata, “Kami mendapat informasi bahwa doa dikabulkan pada lima malam, yaitu malam Jum’at, malam hari raya, malam 1 Rajab dan malam nishfu Sya’ban.” Al-Syafi’i berkata, “Aku menganjurkan semua yang diceritakan pada kelima malam ini.” Sementara tidak ditemukan pernyataan dari Imam Ahmad mengenai malam Nishfu Sya’ban. Tetapi kesunnatan ibadah (shalat dan semacamnya) pada malam itu dapat dianalogikan terhadap dua riwayat dari Imam Ahmad mengenai ibadah pada malam hari raya. Dalam satu riwayat, Ahmad tidak menganjurkan ibadah (shalat) berjamaah pada malam hari raya karena tidak pernah dikutip dari Nabi r dan para sahabat. Dalam riwayat lain, Ahmad menganjurkan shalat sunnat berjamaah pada malam hari raya karena Abdurrahman bin Yazid bin al-Aswad –ulama generasi tabi’in- telah melakukannya. Demikian pula, shalat sunnat berjamaah pada malam nishfu Sya’ban, tidak ada riwayat dari Nabi r dan para sahabat. Tetapi ada riwayat dari sekelompok tabi’in dari tokoh-tokoh fuqaha penduduk Syam yang melakukan shalat sunnat secara berjamaah.” (Ibn Rajab, Lathaif al-Ma’arif, hal. 264). 

 

WaLlahu A’lam Bish Shawab