UEFA (Union of European Football Associations) Euro Cup / Piala Eropa ( UEFA Euro Cup ) berawal dari proposal Henri Delaunay, Sekretaris Agen Federasi Sepak bola Prancis (FFF) pada tahun 1927. Saat itu Delaunay menyadari bahwa perbedaan kekuatan sepak bola yang mencolok diantara benua Eropa dan Amerika Latin.
dimana negara-negara asal Amerika Latin lebih kuat dari negara Eropa. Pada tahun 1924 dan 1928 Uruguay yang meraih medali emas sepak bola pada Olimpiade 1924 dan 1928 ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia pertama pada tahun 1930 sebagai pengakuan serta penghormatan terhadap kekuatan serta prestasi sepak bola Uruguay.

Menurut proposal Delauney, tujuan utama mengadakan kejuaraan sepak bola antar negara Eropa adalah untuk memperbanyak pengalaman bertanding negara-negara di Eropa. Proposal dari Delauney tidak langsung diterima oleh masyarakat dan negara eropa lainnya. Pada saat itu lembaga seperti UEFA (Persatuan sepak bola Eropa) belum terbentuk sehingga sangat sulit bagi Henri Delaunay untuk mendapatkan dukungan yang kuat.
Proposal pembentukan kejuaraan sepak bola antar negara Eropa dari Henri Delaunay baru dapat direalisasikan pada tahun 1958, 32 tahun sejak pertama kali diajukan, dan 3 tahun setelah wafatnya Henri Delaunay pada tahun 1955. Sebagai tanda penghormatan kepada Delaunay, trofi Piala Eropa diberi nama trofi “Henri Delaunay”. Piala Eropa pertama tahun 1960 juga diselenggarakan di negara asal Henri Delaunay, Perancis.
Henri Delaunay adalah seorang yang banyak berjasa dalam dunia sepak bola baik di negara asalnya Perancis maupun secara Internasional. Bersama Jules Rimet, dia ikut berjuang mendirikan federasi sepak bola internasional FIFA (Fédération Internationale de Football Association) dan menggelar Piala Dunia. Dia juga salah satu pendiri Federasi Sepak Bola Perancis (FFF). Selain itu, dia aktif membidani kelahiran Uni Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA). Bahkan, pada 1954, dia sempat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal UEFA pertama selama 1 tahun hingga dia meninggal.
 Itulah ulasan singkat tentang sejarah Piala Eropa(UEFA Euro Cup), semoga menambah pengetahuan Anda.